Honda MSX125?? Yap, motor ini terdengar asing karena memang belum dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Tapi di Thailand supermoto mini ini telah lebih dahulu hadir. Untuk yang menginginkan motor ini hadir di garasi rumah, anda harus menebusnya dari importir umum karena memang belum ada kejelasan dari PT AHM apakah tertarik memasukkan motor ini ke tanah air atau tidak.
Daripada mempermasalahkan masuk atau nggaknya motor keren ini, yuk kita intip seberapa oke Honda MSX125 ini. Bila melihat dari foto atau gambar, terlihat motor ini seperti sebuah supermoto besar, tapi tunggu dulu kalau kita perhatikan dari rodanya, terlihat jelas MSX125 ini mempunyai roda yang berdiameter kecil, tepatnya hanya 12 inch pada velg model racing yang digunakannya dan mempunyai ban bertapak lebar, cocok untuk melahap jalanan yang berkontur tidak rata. Hal ini karena didukung oleh penggunaan suspensi belakang monoshock dan depan yang kekar model upside down yang umumnya digunakan oleh motor ber-cc besar. Jadi untuk rider yang mempunyai tinggi badan 170 cm lebih, motor ini akan terlihat seperti motor mainan. Namun bentuk dan posisi penempatan knalpot yang mirip-mirip Ducati Monster ini membuat tongkrongannya makin oke.
Oh iya, ngomong-ngomong soal cc, MSX125 ini hanya dibekali mesin 125 cc sesuai namanya. Eits,..tapi jangan pesimis dulu, karena walaupun kapasitasnya kecil layaknya sebuah motor bebek, tapi tenaga yang dihasilkannya cukup mumpuni untuk menggeber motor mungil ini. Spesifikasi mesinnya hampir sama dengan Honda Supra X125 Helm-in yang memiliki satu silinder dua klep, namun pada MSX125 yang memiliki kompresi 9,3 : 1 ini telah dibekali sistem pembakaran injeksi sehingga konsumsi bahan bakarnya cukup efisien. Tenaga yang dihasilkan oleh MSX125 yang merupakan kepanjangan dari Mini Sport Xtreme ini adalah 9,7 hp/7.000 rpm. Dengan bobotnya yang pas yaitu 101 kg, sangat enak diajak bermanuver didukung oleh tenaga di putaran bawahnya yang cukup besar. Honda MSX125 ini selain ada di Thailand sudah masuk pasar Eropa juga (di Eropa diberi nama Honda Grom 125), dan di sana banyak digunakan untuk aksifreestyle dan melahap trek ekstrim.
Freestyle ride Honda MSX125
Kalau diingat-ingat lagi Honda MSX125 ini mempunyai lawan yang sama di kelas supemoto mini, yaitu Kawasaki KSR110, namun bila dibandingkan, KSR masih menggunakan karburator dan cc yang lebih kecil yaitu 110cc. Untuk speedometer MSX125 telah menerapkan model digital dan KSR110 masih analog. Namun apabila kita berkaca pada Kawasaki KSR110 ini, pangsa pasar motor jenis ini masih sedikit, belum sebanyak motor bebek, skutik maupun motor sport. Jadi untuk menunggu motor ini hadir di Indonesia, sekali lagi sepertinya ragu apakah PT AHM akan tertarik memasarkan motor ini atau tidak.
Bersyukur bagi tim test ride AutonetMagz karena telah diberikan kesempatan oleh Safari Motor (importir umum motor built-up) yang beralamat di Ciledug – Tangerang untuk mencoba motor ini. Tidak akan panjang lebar menjelaskan, saksikan saja video review & first ride Honda MSX125 di bawah ini. Gimana bro tertarik dengan motor ini?? (sumber : autonetmagz)